Entri Populer

Rabu, 10 Desember 2008

Belajar SEO Secara Mandiri

Belajar SEO Mandiri
Belajar SEO secara mandiri bukan merupakan isapan jempol, ada pepatah mengatakan Banyak jalan menuju roma , begitu pula cara Belajar SEO, dimana ada kemauan disitu ada penghasilan ( maksudnya.. jalan. )

Bagi netter SEO atau Search Engine Optimization merupakan Ilmu yang Wajib dimiliki, karena SEO merupakan ilmu atau teknik cara-cara bagaimana sebuah blog / situsweb dapat terdeteksi dan tampil dalam halaman muka dari search engine atau mesin pencari ( SERP ).



Banyak webmaster yang memiliki keahlian SEO melakukan publikasi gratis atau menjual ilmu SEO ke netter pemula secara langsung atau sembunyi-sembunyi seperti :
# Kursus Belajar Bisnis SEO,
# Membuat Seminar cara belajar SEO atau Belajar membuat SEO,
# Menjual E-Book SEO atau
# Pelatihan dan Tanya jawab Lansung Via Blog / Situsweb ( situs khusus seperti Indonesia SEO ) yang membahas dan menulis artikel tentang Teknik Belajar SEO, Belajar membuat SEO, Bagaimana belajar SEO sebagai salah satu panduan SEO untuk pemula.

Tetapi bagaimana belajar SEO secara mandiri yang tepat ?Untuk Belajar SEO secara mandiri memang perlu extra usaha, extra waktu dan extra-extra lainnya.

Kenapa demikian ?Selain anda harus mengetahui Syarat Dasar Sebuah Website Sebelum dilakukan SEO dan Karena Belajar SEO tidak sekedar Teori tetapi perlu praktek dan perlu kesabaran, karena semakin banyak trik dan tips SEO yang dipraktekkan maka seorang netter memiliki suatu pengalaman yang berguna untuk dapat menguasai dan belajar kekuatan SEO

Teknik awal dari belajar SEO secara mandiri ada 2 unsur, yaitu :
1. Internal ( dari dalam Blog / Situsweb anda sendiri )
Yang menyangkut internal dalam belajar SEO dan bisa anda rancang sebelum blog / situsweb anda dibuat yaitu :
a. Perhatikan Keyword SEO yang akan anda gunakan untuk proses SEO.
Untuk pencarian keyword SEO yang bagus, menentukan dan membayangkan kata kunci yang sering dicari orang bisa dicoba dengan menggunakan tool yang menurut saya mudah yaitu : Google Keyword tool
b. Perhatikan Content dari blog/situsweb anda minimal harus terdapat keyword yang ingin anda SEO-kan.
c. Perhatikan Tittle dari Blog/situsweb dan tittle artikel yang anda buat, minimal memiliki prashe keyword yang sejenis dengan keyword yang akan anda inginkan.
d. Buat suatu artikel yang menarik, kontinyu dan up to date sehingga dapat membuat pembaca betah dan jangan lupa menyisipkan beberapa prashe keyword yang sejenis pada artikel tersebut dengan keyword yang anda fokuskan.
e. Buat suatu meta keyword dan meta descreption pada situs anda sesuai dengan keywordSEO yang anda tuju.
f. Cantumkan minimal 1 gambar pada setiap artikel dan manfaatkan nama file gambar dan atribut ALT sebagai keyword tambahan. ( baca artikel teknik mudah meng-seo-kan gambar )

2. External ( dari luar Blog / Situsweb anda sendiri )Untuk external cara belajar SEO berarti segala sesuatu yang kaitannya mensupport blog/situsweb yang kita telah lakukan secara, seperti :
a. Daftarkan secara manual URL anda ke beberapa search engine seperti : seperti Google, yahoo, MSN, Lycos, Altavista dll. Gunakan keyword di bawah ini untuk mencari website layanan submit dengan keyword : free submit website.
b. Kerjasama dengan situsweb yang sejenis untuk saling tukar link.
c. Buat artikel atau comentar pada situsweb teman atau yang lain dan arahkan ke URL anda.

Jarang sekali se orang master SEO memiliki page rangking di Search Engine yang tetap, hal ini dikarena persaingan dalam bisnis SEO sangatlah ketat terutama untuk keyword yang sering dicari oleh pengguna internet ( baik yang awam atau yang sudah master ).
Selain ke 2 unsur tersebut di atas, ternyata belajar SEO perlu suatu pengalaman, ketelitian dan keterampilan belajar membaca SEO, karena dengan demikian kekuatan SEO anda bisa bertahan di dalam halaman muka sebuah Search Engine (SERP).
Penting diperhatikan untuk Belajar SEO adalah terus melakukan pengembangan dan mencari cara belajar SEO agar tidak ketinggalan jaman.

Untuk para master SEO atau yang masih pemula, silakan beri comentar, kritik dan saran.

Tidak ada komentar: