Entri Populer

Selasa, 23 Desember 2008

BELAJAR SEO # 2 | Tips Meta Tag Deskripsi dan Keyword

Teknik Belajar SEO tak pernah ada habisnya, Pada bagian pertama artikel Belajar SEO telah membahas “Tips Penulisan Judul Halaman”, dan selanjutnya dalam proses Belajar SEO ini kita akan membahas Tips penggunaan meta tag Deskripsi dan Keyword.
Meta tag diskripsi dan keyword merupakan trik atau tips yang banyak digunakan oleh webmaster dalam usaha untuk memperkenalkan situsnya, terindeks ke search engine dan juga meningkatkan traffik website/blognya. Mungkin bagi pemula yang baru melek internet atau baru belajar bikin website/blog belum mengerti apa itu meta tag deskripsi dan keyword.


Perlu kami jelaskan disini bahwa meta tag deskripsi dan keyword merupakan perintah-perintah atau sintag dari bahasa HTML yang dapat anda lihat bila anda membuka suatu halaman website/blog dalam program editor HTML seperti Frontpage, atau cara mudahnya bila anda dalam kondisi membuka broser Internet seperti internet explorer, anda bisa klik menu toolbar VIEW, kemudian pilih Source, maka akan tampil code HTML dari halaman website/Blog tersebut.

Apa itu Meta tag Deskripsi dan Keywords ?

Meta Tag Deskripsi

Tag deskripsi yang dalam penulisan di code HTML adalah “Description”, pada intinya dimaksud sebagai paragraf yang menjelaskan ringkasan dari website/blog suatu isi halaman.
Meta tag Keyword
Tag keyword yang dalam penulisan di code HTML adalah “Keywords”, pada intinya merupakan kata-kata kunci yang kita taruh atau targetkan untuk dapat terindeks pada search engine dan kata-kata tersebut harus berhubungan dengan isi website/blog suatu halaman.
( Bila keywords yang kita masukkan tidak ada hubungannya dengan isi halaman maka akan di angggap spam dan situs anda bisa di banded/dicekal ).


Bagaimana Tips Penulisan Deskripsi dan keyword yang baik, berikut ini dapat kami jelaskan untuk kita sama-sama belajar SEO :
1. Untuk Deskripsi hendaknya dibuat dengan 1 atau 2 kalimat yang dapat menggambarkan atau menjelaskan isi suatu halaman. ( pisahkan kalimat tersebut dengan “Koma” )
Contoh :
. META NAME=”DESCRIPTION” CONTENT= “Situs Panduan Belajar Seo, Belajar SEO untuk Pemula”>.
2. Perhatikan untuk tidak menuliskan suatu kalimat deskripsi dan keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman.
3. Penulisan tag-tag untuk Deskripsi dan keyword terletak diantara tag dengan pada source code setiap halaman.
Contoh :
.”
.META NAME=”DESCRIPTION” CONTENT= “isi kalimat deskripsi disini”>.
.META NAME=”KEYWORDS” CONTENT= “isi kata-kata keywords disini”>.
.”
4. Perhatikan penggunaan karakter untuk Deskripsi, paling banyak 255 karakter. ( usahakan dibawah itu, karena biasanya search engine hanya menampilkan 60 karakter pertama saja )
5. Pada keyword usahakan kata-kata yang digunakan tidak lebih dari 12 kata keywords dan setiap penulisan kata keywords harus dipisah dengan tanda “koma” .
6. Pada penulisan kata-kata keyword sebaiknya tidak melakukan pengulangan kata lebih dari 3 kali.
Contoh :
.META NAME=”KEYWORDS” CONTENT= “Komputer, Belajar Komputer, Internet, Hardware Komputer ”>.
7. Untuk mesin pencari Google untuk meta tag ini kurang diperhatikan, karena dapat digunakan oleh webmaster untuk melakukan kecurangan penulisan Deskripsi dan keyword yang tidak sesuai dengan isi halaman. Tetapi untuk search engine lain seperti Yahoo.., masih menganggap perlu tag Deskripsi dan keyword, jadi tak ada salahnya anda Belajar SEO menggunakan tag deskripsi dan keyword ini dalam source code halaman anda untuk membantu meningkatkan traffik situe anda.
Untuk Webmaster, Master SEO mungkin artikel ini tidak terlalu berarti, tetapi kami menyuguhkan untuk pemain-pemain baru di dunia internet yang mencoba untuk Belajar SEOSEO dan Tips – Tips dalam Belajar SEO untuk meningkatkan situsnya agar bisa bersaing dengan master-master SEO yang lain yang telah lebih dulu tau..! dan mengerti apa itu ( Bersaing Belajar SEO dengan sehat tentunya,…. )
Untuk kritik dan saran untuk Belajar SEO, silakan beri komentar…..

1 komentar:

oji mengatakan...

thanks ya atas infonya