Entri Populer

Senin, 25 Juni 2012

Tehnik Menentukan KEYWORD yang Tepat

Untuk pembahasan materi "Teknik menentukan Keyword yang tepat" kali ini adalah dengan fasilitas di sediakan oleh Google, namanya Google Keyword Tool.



Langkah-langkah Menggunakan Google Keyword Tool


  1. Ketiklah kata dan frase yang sudah Anda susun pada langkah di atas di dalam kotak yang ada di bawah tulisan "Word or phrase (one per line)" atau "Kata atau frasa (satu per baris)", satu kata atau frase per baris.

  2. Dibawahnya terdapat pilihan "Only show ideas containing my search terms" yang bila Anda centang maka Google Keyword Tool hanya menampilkan kata dan frase yang Anda masukkan. Pertama kali Anda melakukan proses pemilihan kata kunci, centanglah pilihan ini agar Anda bisa fokus dengan data penggunaan kata dan frase yang Anda ketikkan. Setelah mendapat hasilnya, Anda ulang lagi dengan tidak mencentang pilihan ini untuk mendapatkan kata dan frase lain yang berkaitan termasuk juga sinonim dari kata dan frase yang Anda masukkan.

  3. Ketikkan karakter captcha yang ditampilkan pada kotak yang disediakan. Pada contoh di atas captcha yang ditampilkan adalah "prinds".

  4. Dibawahnya klik "Advanced options" atau "Opsi lanjutan" maka Anda akan melihat daftar "Locations and languages" atau "Lokasi dan bahasa". Pilihlah target lokasi dan bahasa yang sesuai dengan target pengunjung website Anda. Pilihan lainnya bisa Anda abaikan.

  5. Klik "Search" atau "Telusuri" maka Google Keyword Tool akan menampilkan tabel yang berisi data penggunaan kata kunci. Di tepi sebelah kanan tombol "Search" atau "Telusuri" ada tulisan atau petunjuk "About this data" atau "Tentang data ini". Klik tulisan atau petunjuk tersebut untuk mendapatkan penjelasan mengenai tabel kata kunci yang ada dibawahnya. Jangan lupa dengan langkah nomor 2 di atas, Anda harus mendapatkan daftar kata kunci dengan mencentang dan tidak mencentang pilihan "Only show ideas containing my search terms".

  6. Sebelum membahas daftar kata kunci yang ditampilkan oleh Google Keyword Tool, di sebelah kiri halaman Google Keyword Tool ada beberapa pilihan untuk menyaring daftar kata kunci yang ditampilkan oleh Google Keyword Tool yaitu: "contains" atau "berisi", "does not contain" atau "tidak berisi", "All categories", dan "Match types" atau "Jenis Pencocokan".
    • Pada kotak "contains" atau "berisi", Anda bisa memasukkan kata dan frase tertentu yang ingin turut ditampilkan pada daftar kata kunci yang ditampilkan oleh Google Keyword Tool.

    • Pada kotak "does not contain" atau "tidak berisi", Anda bisa memasukkan kata dan frase tertentu yang tidak ingin ditampilkan pada daftar kata kunci yang ditampilkan oleh Google Keyword Tool.

    • Pada bagian "All categories", Anda bisa memilih kategori yang berkaitan dengan kata kunci Anda untuk mendapatkan kata kunci yang lebih spesifik atau tetap pilih "All categories" untuk mendapatkan lebih banyak pilihan kata kunci.

    • Pada bagian "Match types" atau "Jenis Pencocokan" pilih "[Exact]" atau "[Persis]" agar Google Keyword Tool menampilkan data penggunaan kata dan frase persis seperti kata dan frase yang Anda ketikkan. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan pengunjung website yang tepat sasaran. Anda juga bisa memilih pilihan "Phrase" atau "Frasa" yang akan menampilkan data penggunaan kata dan frase yang lebih fleksibel dibandingkan pilihan "[Exact]" atau "[Persis]" tapi lebih tepat sasaran dibandingkan pilihan "Broad" atau "Melebar". Saya sarankan agar Anda tidak memilih pilihan "Broad" atau "Melebar" karena kata kunci yang dihasilkan tidak akan efektif mendatangkan target pengunjung yang Anda inginkan. Anda akan melihat secara jelas perbedaan pemilihan "Match types" atau "Jenis Pencocokan" pada kolom "Global Monthly Searches" atau "Penelusuran Global Bulanan" dan "Local Monthly Searches" atau "Penelusuran Lokal Bulanan" di tabel kata kunci.

  7. Download atau unduh daftar kata kunci yang ditampilkan Google Keyword Tool. Caranya dengan mengklik "Download" atau "Unduh" (letaknya di atas tabel kata kunci) dan pilih "Download all" atau "Unduh semua". Format file bisa Anda sesuaikan dengan aplikasi yang Anda miliki, untuk Microsoft Excel pilihlah format "csv for Excel" atau "csv untuk Excel".

  8. Buka file yang telah Anda download atau unduh dan pilihlah kata kunci yang sesuai dengan topik website Anda. Selain kesesuaian dengan topik website, hal lain yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih kata kunci adalah kolom "Local Monthly Searches" atau "Penelusuran Bulanan lokal". Kata kunci yang menjadi prioritas Anda dalam penerapan teknik SEO atau optimisasi mesin pencari sebaiknya memiliki jumlah penelusuran bulanan lokal minimal 3.000. Kata kunci dengan jumlah penelusuran bulanan lokal di bawah 3.000 tetap bisa Anda pakai pada bagian website lainnya.

  9. Kembali ke halaman Google Keyword Tool, di sebelah kanan kotak "Word or phrase (one per line)" atau "Kata atau frasa (satu per baris)" ada sebuah kotak dengan tulisan "Website" atau "Situs Web" diatasnya. Sekarang carilah di Google website-website yang memiliki topik yang mirip dengan topik yang Anda pilih, kemudian masukkan alamat website tersebut ke dalam kotak di bawah tulisan "Website" atau "Situs Web". Klik "Search" atau "Telusuri" lalu download atau unduh daftar kata kunci yang dihasilkan. Ulangi proses ini untuk sepuluh website pesaing Anda. Kemudian lakukan proses pemilihan kata kunci seperti pada langkah nomor delapan di atas.



Tidak ada komentar: