Entri Populer

Rabu, 07 Januari 2009

BELAJAR SEO #4 | Tips Mengoptimalkan Content website

Belajar SEO Untuk Pemula merupakan kata kunci atau keywords SEO yang banyak dicari oleh pemilik website/blog pemula dalam usaha untuk memperdalam ilmu tentang seluk beluk peng-SEO-an. Begitu banyak cara Belajar SEO mulai dari belajar membaca SEO, Panduan Belajar SEO hingga pengalaman seorang mempraktekkan teknik belajar SEO dan apabila kita ingin mengupasnya mungkin tidak cukup dalam satu halaman ataupun satu buku. Walaupun sekarang banyak buku belajar seo tetapi Teknik Belajar SEO dan bagaimana belajar seo untuk Pemula yang baik akan terus berkembang seiring dengan perkembangan dari kebijakan masing-masing Search Engine, dengan demikian pemilik website/blog berusaha belajar membaca seo, Belajar bermain seo, belajar membuat seo, belajar kekuatan seo dan menganalisa suatu website/blog agar mudah dikenali dan akrab dengan search engine tersebut.


Salah satu Teknik Belajar SEO Untuk Pemula yang sering digunakan oleh search engine untuk dapat menemukan suatu tema atau judul yang sesuai dengan pencarian adalah isi atau content dari situs tersebut.

Bagi sebagian search engine, “content” adalah raja, maka terbias di sebagian pikiran kepala para webmaster dan berpendapat content merupakan kunci sukses untuk mendapatkan rangking tertinggi pada search engine.

Bagaimana membuat content sebuah halaman website/blog yang search engine friendly dan tetap terjaga tata bahasa sehingga enak dilihat dan dibaca oleh pengunjung, kemudian pengunjung website/blog anda jadi betah berlama-lama dan datang kembali, berikut ini Tips Mengoptimalkan Content Website yang merupakan usaha kami untuk membagi ilmu teknik Belajar SEO :




  1. Hal yang pertama yang perlu diingat adalah bahwa anda menulis content bukan untuk diri anda sendiri, tetapi untuk dapat dibaca oleh pengunjung website/blog anda, sehingga lakukan penulisan content dengan tata bahasa yang baik, sopan santun dan dimengerti oleh masyarakat umum.
  2. Rancang content anda dengan keywords seo yang dapat dikenali oleh search engine tetapi cukup jelas dimengerti oleh pengunjung website/blog anda, jangan terlalu memaksakan diri untuk menggunakan keywords seo yang berlebihan untuk mengejar pagerangking yang tinggi di dalam search engine, tetapi pengunjung enggan datang kembali untuk berkunjung apa lagi membaca isi website/blog anda.
  3. Batasi topik pembahasan dalam setiap penulisan content ( misalkan tema Teknik Belajar SEO ) sehingga tidak meluas ke dalam lingkaran masalah yang tidak terkait di dalam judul halaman.
  4. Jika halaman website/blog anda memerlukan penjelasan / penggunaan gambar, hindari file gambar yang terlalu besar.
  5. Hindari penggunaan Flash dan java yang berlebihan ( lebih baik tidak usah digunakan ). Karena ini akan memberatkan proses Loading situs anda sehingga pengunjung malas untuk menunggu.
  6. Sebaiknya website/blog anda tidak dirancang dengan menggunakan frame pada pembuatan templete, karena frame dapat membingungkan search engine. Bila anda terpaksa menggunakan frame maka set tag dan tulis rangkuman dari isi halaman website/blog anda pada tag tersebut, agar search engine yang tidak mendukung penggunaan frame masih dapat membacanya.
  7. Buat rancangan website/blog anda tampil bagus dan maximal di sebuah browser, kenapa demikian ? karena halaman situs yang terlihat cantik dan bagus di Browser Internet Explorer kadang kurang bagus di beberapa browser lain seperti Mozilla atau firefox atau sebaliknya. Dan hal ini bisa menurunkan pagerangking situs anda pada search engine.
  8. Perhatikan selalu penggunaan Keywords SEO Utama pada Title halaman website/blog, ( baca artikel Tips Penulisan Judul Halaman ). Rancang judul halaman yang menarik dan buat ukurannya tidak melebihi dari 70 karakter.
  9. Hindari penggunaan Font-font yang terlalu kecil di dalam content, sehingga menyulitkan pengunjung website/blog anda untuk membacanya.
  10. Jika anda menggunakan Gambar di dalam content, maka ingatl;ah selalu agar melengkapinya dengan tag ALT=” Penjelasan_gambar_dengan_keywords, karena beberapa search engine biasa menggunakan tag ALT tersebut sebagai pedoman relevasi hasil pencarian. ( baca artikel Teknik Mudah Meng-SEO-kan Gambar “ ).
  11. Perlu diperhatikan kembali untuk beberapa search engine seperti Google, sangat memperhatikan content dan memberikan point terbesar di paragraf-paragraf awal untuk itu usahakan dalam penulisan content menggunakan keywords utama atau frase keywords yang diletakkan di awal paragraf tersebut. ( Baca artikel : “Tips Penggunaan Keyword Pada Halaman Website “ ).
  12. Jangan melakukan manipulasi keywords yang ditulis dalam content halaman dengan warna font yang disamarkan dengan background halaman anda. Atau penulisan keywords seo yang menggunakan font terlalu kecil ( seperti contoh keywords SEO : “ Teknik Belajar SEO “ dengan font ukuran “1” ) dan disisipkan dalam paragraf-paragraf kosong.


Ada komentar atau saran untuk isi artikel dalam Belajar SEO ini…?
Silakan jangan ragu dan jangan bimbang untuk posting di kolom komentar…

Tidak ada komentar: