Entri Populer

Jumat, 14 November 2008

Kesalahan Dasar Dalam Optimasi Sebuah Situs

Banyak pengguna internet yang memiliki situs ( Website / Blog ) berkeinginan agar memiliki rangking di search Engine. Atau memiliki situs yang populer. tetapi karena ke tidak sabaran atau belum mengerti seluk beluk dari teknik SEO yang baik, Benar dan tepat, maka tidak jarang mereka melakukan kesalahan sendiri.
Kesalahan dalam melakukan SEO bisa saja terjadi dalam dunia netter terutama pada pemilik situs ( Website / Blog ) pemula.Teknik optimasi ini bagaikan "pisau bermata dua", jika benar dalam menggunakannya akan berpengaruh baik buat situs ( Website / Blog ) anda, tapi ketika salah menggunakan akan berakibat buruk buat page ranking situs anda, peringkat situs anda di search engine atau malah dianggap spam. Agar tidak terjadi kesalahan dalam menerapkan teknik SEO tersebut berikut ini ada beberapa kesalahan dalam teknik submission dan optimasi yang perlu dihindari.



Penggunaan Keyword Yang Tidak Tepat

Akibat paling fatal jika penggunaan keyword yang tidak tepat adalah search engine dan visitor tidak menemukan situs kita. Saya yakin siapapun tidak ingin hal ini menimpa situsnya, anda jugakan? Nah, untuk menghindari hal itu lakukan riset keyword terhadap situs terlebih dahulu.

Nah, dalam mencari perbandingan nilai keyword kita dapat menggunakan beberapa tools yang tersedia di internet, ada yang gratis dan ada yang bayar, diantaranya:

Overture Keyword Selector Tool (Gratis):
http://inventory.overture.com/d/searchinventory/suggestion/
Overture selain menunjukkan persaingan keyword, dia juga menampilkan kombinasi frase-frase keyword terkait hal ini cocok untuk mencari "Niche Market"
Wordtracker: - tool bagus, tapi untuk versi gratisnya dia hanya menampilkan Search Result MSN,
http://www.wordtracker.com/
Google AdWords Keyword Tool:
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Tentu saja masih banyak lagi tools gratis yang bisa kita manfaatkan, kita hanya perlu googling aja untuk mencari tools yang lainnya.


Terlalu Banyak Keyword di dalam Tag Meta Keyword

Cukup banyak pemilik situs pemula yang salah kaprah yaitu dengan cara menaruh ratusan keyword di bagian tag meta keyword, dengan harapan akan mendapatkan peringkat yang tinggi untuk keyword tersebut di search engine.



Perlu juga kita ketahui search engine akan menganggap spam kalau keyword terlalu banyak di tag meta keyword. Akibatnya posisi yang kita harapkan masuk 10 peringkat tertinggi google, malah blog kita tidak tampil sama sekali di search engine.

Tips: buat keyword yang relevan dengan blog kita dan secukupnya misalnya: 25 keyword


Keyword yang Sama Terlalu Banyak

Search engine dapat mendeteksi blog dengan keyword yang berkali-kali memasukkan keyword yang sama dan search engine tidak akan mengindeks blog kita ke databasenya.
Jadi sebaiknya anda hindarkan keyword yang terlalu banyak dalam satu halaman situs kalaupun ada keyword yang kita posting haruslah mengandung makna secara tata bahasa.

Tips: Untuk keyword tertentu hendaknya tidak ditaruh 2 kali di dalam tag meta keyword.


Menggunakan Warna Teks yang Mirip dengan Warna Background

Teknik ini sering digunakan oleh webmaster untuk memperdaya situs pencari sekaligus membuat halaman web kaya akan keyword. Sangat sulit mengulang-ulang keyword yang sama untuk ditulis dalam suatu halaman web tanpa membuatnya kedengaran ganjil bagi pengunjung blog kita. Itulah sebabnya banyak yang menggunakan tehnik ini agar tidak terlihat oleh pembaca.

Namun search engine sekarang dirancang untuk dapat mengenali teknik ini sehingga search engine tidak melakukan indexing terhadap blog kita. Search engine mengganggap blog seperti ini sebagai tehnik curang, jadi sebaiknya anda hindari teknik curang ini karena tidak akan berhasil.

Tidak ada komentar: