Entri Populer

Jumat, 14 November 2008

Belajar SEO untuk Pemula

Belajar SEO Indonesia untuk Pemula merupakan bagian awal setiap manusia yang ingin mempopulerkan dan meningkatkan website / blog-nya agar mudah terdeteksi dan dibaca oleh search engine atupun manuasia pengguna internet yang lain.
Teknik optimalisasi Search Engine yang dalam bahasa Inggris disebut Search Engine Optimization (SEO), adalah cara yang harus ditempuh apabila sebuah website tidak berhasil menduduki posisi 20 besar untuk keyword yang diharapkan.

Perlu diketahui oleh manusia yang Belajar SEO untuk pemula, bahwa ada dua faktor utama yang harus diperhatikan pada proses SEO, yaitu :

• Faktor Internal (berhubungan dengan penulisan content website dan HTML)
• Faktor Eksternal (berhubungan dengan link popularity)





Berikut kami jelaskan dan anda dapat baca tulisan dibawah ini :

1. Faktor Internal
Dalam menentukan rangking, search engine sangat memperhatikan content website sebagai salah satu acuan untuk menentukan tingkat relevansi. Halaman web yang desainnya full image, hanya terdiri atas gambar dan flash serta tidak menyertakan teks biasa, sangat sulit dibaca oleh search engine. Walaupun Google saat ini sudah mulai menerapkan teknologi AI (Artificial Intelegence), tetap saja belum bisa membaca makna dari sebuah gambar.


Maka dari itu content berupa teks murni wajib dipakai agar website Anda mudah dilisting. Dalam menyusun content teks, usahakan agar kata kunci atau keyword yang Anda harapkan terpakai pada kalimat-kalimat dalam teks tersebut, seperti Belajar SEO. Anggap saja keyword tersebut merupakan topik utama. Dan jika Anda punya sedikit pengetahuan tentang HTML, tempatkan keyword pada tag dan pada attribut ALT dalam tag . Penggunaan keyword yang dimaksud disini adalah penggunaan dalam batas yang wajar dengan catatan kalimat masih enak untuk dibaca.

Bagaimana menentukan keyword yang tepat untuk website Anda ?
seperti Belajar SEO Indonesia, yang saya pakai

Bagaimana kita bisa mengetahui sebuah keyword yang banyak dicari orang ?

Jika Anda mengoptimalkan website untuk keyword salah bisa berakibat fatal. Meskipun website Anda berada di posisi paling atas pada halaman pertama, tetap saja tidak berguna sebab keyword yang Anda optimalkan tidak pernah dicari orang. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan alat bantu seperti yang disediakan WordTracker.com.
WordTracker.com memiliki database keyword-keyword populer berdasarkan data dari beberapa search engine utama. Anda tinggal mengetikkan topik dari content website Anda, dan dalam beberapa saat WordTracker bisa memberikan keyword-keyword yang berhubungan dengan topik tersebut. Sebagai contoh, penulis memasukkan kata MP3 dan WordTracker bisa memberikan alternatif keyword seperti ini :
- mp3
- free mp3 downloads
- free mp3
- free mp3 music download
- mp3 downloads
- mp3 players
- mp3 midi
- free mp3 music
- free mp3s
- mp3 player
...
Layanan dari WordTracker ini memang tidak disediakan gratis, namun Anda bisa memanfaatkan Trial-nya.
Faktor lain yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai ada broken link atau javascript error pada website Anda. Faktor ini juga akan menjadi pertimbangan search engine untuk menentukan rangking.

2. Faktor Eksternal
Seperti saya jelaskan di atas, faktor internal lebih berkaitan dengan hal-hal yang ada dalam sebuah website. Faktor internal sangat mudah dimanipulasi, sehingga search engine tidak mungkin menggunakannya 100% sebagai acuan untuk menghasilkan hasil pencarian yang berkualitas. Manipulasi yang dimaksud adalah spamming, seperti penulisan content menggunakan keyword yang diulang-ulang secara berlebihan, penulisan teks yang warnanya sama dengan warna background sehingga pengunjung tidak dapat membacanya.
Hal-hal semacam ini tujuannya tidak lain untuk mengecoh crawler.
Untuk mengatasi masalah ini, search engine menggunakan faktor eksternal sebagai acuan relevansi antara content website dan keyword. Faktor yang dimaksud adalah link popularity, yaitu banyaknya link dari website lain yang mengarah ke website Anda.
Kita ambil contoh situs DomainAnda.com. Karena isinya yang menarik dan bermanfaat, maka banyak pemilik website lain yang memasang link mengarah ke DomainAnda.com, kita anggap saja jumlahnya 100 link. Karena 100 link ini berasal dari luar domain DomainAnda.com, maka nilai link inilah yang diperhitungkan oleh search engine. Semakin banyak link dari luar, berarti nilai link popularity-nya semakin besar.
Menurut anggapan search engine, semakin banyak sebuah website di-link, semakin baik pula content yang dimiliki.
Link popularity sudah umum dipakai acuan oleh search engine. Salah satu pelopornya adalah Google yang saat ini menjangkau lebih dari 70% pengguna internet di seluruh dunia. Oleh Google, teknologi ini mereka sebut PageRank.
Anda bisa melihat nilai PageRank sebuah website dengan menginstall Google Toolbar yang ada di : http://toolbar.google.com (saat ini hanya untuk browser Internet Explorer). PageRank ditunjukkan oleh bar berwarna hijau dengan nilai antara 0 - 10. Semakin besar nilai PageRank suatu situs, semakin baik pula posisinya di Google.

Namun perhitungan link popularity tidak hanya melihat kuantitas semata, melainkan kualitas link juga sangat diperhitungkan. Contohnya jika website Anda di-link oleh Yahoo, nilai link popularity-nya bisa lebih besar daripada di-link oleh 100 website pribadi. Dan sekali lagi, Google menganggap link dari sebuah website dengan nilai PageRank 8 jauh lebih baik dari 5 website yang hanya memiliki PageRank 1.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengumpulkan link untuk website Anda ?
Secara alami link akan di dapat jika website Anda memiliki sesuatu yang berguna bagi pengunjung. Jika kita hendak memasang link ke website lain, tentu kita ingin menunjukkan suatu informasi untuk pengunjung situs kita. Tidak mungkin memasang link hanya untuk iseng, atau tanpa tujuan.

Contohnya,
Cara pertama, jika Anda memiliki sebuah toko online dengan produk Komputer, hendaknya Anda tidak hanya menampilkan informasi mengenai harga dan kemampuan produk saja. Buatlah halaman khusus yang berisi tips & trik untuk merawat Komputer atau hal lain yang berkaitan dengan kecanggihan produk Komputer. Tentu informasi seperti ini akan sangat berguna bagi pengunjung Anda.
Cara kedua dengan melakukan barter link (link exchange) secara manual. Anda bisa menghubungi webmaster dari situs-situs yang memiliki informasi berkaitan dengan website Anda. Tawarkan kepada mereka kerjasama melalui barter link, dan terangkan apa keuntungan yang akan mereka dapat. Jika Anda bingung mencari partner, Anda bisa memanfaatkan Google untuk melacak link yang mengarah ke website pesaing.
Caranya ketik link: diikuti dengan nama domain yang dicari.
Contoh link:www.DomainAnda.com, maka Google akan menampilkan link-link dari website lain yang mengarah ke DomainAnda.com.

Masih berkaitan dengan link, tidak semua jenis link bisa meningkatkan link popularity. Link yang diperhitungkan adalah link standar dengan menggunakan tag .
Contohnya :
Belajar SEO Indonesia

Pada contoh diatas, kalimat "Belajar SEO Indonesia" juga diperhitungkan, sehingga dalam kasus ini situs DomainAnda.com memiliki peluang besar untuk keyword "SEO" atau "Belajar SEO" dan juga "Belajar SEO Indonesia".

Sedangkan link seperti contoh dibawah ini tidak akan berguna, sebab bersifat redirect :

Situs SEO Indonesia

1 komentar:

Ummi Izzah mengatakan...

terimakasih tips dan triknya, sangat bermanfaat buat saya yang pemula ini